Kepulauan Gili

Kepulauan Gili merupakan kumpulan atau group pulau kecil yang berada di Lombok Utara, Nusa tenggara Barat. Ada tiga pulau yang berada di group kepulauan Gili yaitu Gili Trawangan, Pulau Gili Meno, dan Gili Air. Pulau-pulau ini berlokasi terpisah dan berdekatan satu sama lain.

Gili Trawangan merupakan pulau yang berada utara barat laut atau berada paling tengah. Pulau ini memiliki luas kurang lebih 340 hektar. Dengan memiliki panjang sekitar 3km dan lebar 2km, Gili Trawangan menjadi pulau paling luas di antara kedua pulau lainnya. Selain itu pulau yang memiliki populasi sekitar 800 jiwa ini memiliki fasilitas memadai untuk para wisatawan.

Pulau Gili Meno merupakan pulau kecil yang berada di antara Gili Trawangan dan Gili Air. Gili Meno memiliki luas sekitar 150 hektar dengan keliling kurang lebih 4km. Pulau Gili Meno merupakan pulau paling kecil diantara Gili Trawangan dan Gili Air. Tidak begitu banyak fasilitas untuk wisatawan, namun pulau cantik ini di kenal dengan Pulau Honeymoon.

Gili Air adalah pulau yang berdekatan dengan pulau Lombok. Pulau dengan luar 175 hektar ini merupakan pulau yang cukup ramai di kunjungi wisatawan setelah Gili Trawangan. Gili Air memiliki spot sunrise dengan mid ground pantai – pantai yang berada di Lombok bagian utara dan background gunung Rinjani.

Transportasi di Kepulauan Gili

Rekomendasi Aktivitas Liburan di Kepulauan Gili

Kepulauan Gili terkenal dengan keindahan pantai berpasir putih, air laut yang jernih, dan kehidupan bawah laut yang kaya. Dengan berbagai keindahan ini pulau ini banyak di kunjungi para wisatawan.

Berikut beberapa aktivitas liburan seru yang direkomendasikan di kepulauan Gili:

  1. Diving adalah salah satu kegiatan yang direkomendasikan. Di ketiga Gili terdapat beberapa spot menyelam yang sangat menarik seperti Manta Point, Shark Point, Meno Wall, dan lain-lain sebagainya. Bagi pencinta menyelam, anda tidak akan kecewa dengan biota bawah laut yang menakjubkan.
  2. Snorkeling merupakan salah satu pilihan aktivitas liburan yang menyenangkan di Gili. Bagi anda yang tidak bisa menyelam, snorkeling ini sangat direkomendasikan. Anda bisa menjelajah ketiga Gili yaitu dengan perahu glass bottom.
  3. Bersantai di pantai dan berenang. Anda juga bisa mengisi waktu anda di Gili dengan bersantai sambil menikmati keindahan pantai berpasir putih. Berenang di sekitar pantai menjadi pilihan yang bijak.
  4. Bersepeda mengelilingi pulau. Anda bisa menikmati pulau Gili dengan bersepeda santai keliling pulau.
  5. Menikmati sunset di Gili Trawangan. Pulau Gili Trawangan merupakan salah satu spot sunset terbaik di Lombok dan kepulauan Gili. Anda bisa naik ayunan dan berkuda sambil berpose di depan kamera.
  6. Berkuda keliling pulau merupakan salah satu aktifitas populer di pulau Gili. Anda bisa menyewa Kuda untuk berkeliling pulau.
  7. Menikmati live music di bar-bar atau DJ perfomance.
  8. Menikmati sunrise dengan backround Gunung Rinjani.

Itulah beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan di kepulauan Gili. Untuk pemesanan tour ke Gili, and bisa melihat halaman paket snorkeling tour pulau Gili. Anda juga bisa menghubungi kami jika membutuhkan bantuan.

Transportasi Menuju Kepulauan Gili

Hingga saat ini pulau Gili hanya bisa di akses dengan menggunakan boat atau kapal. Anda bisa berangkat dari Bali, Nusa Penida, Lembongan, and Lombok.

Berikut jenis boat yang bisa di gunakan untuk penyeberangan ke pulau Gili:

  1. Perahu dari Bangsal, Lombok utara. Perahu lokal atau public boat dari pelabuhan Bangsal berangkat setiap hari dari jam 07.00 pagi hingga pukul 17.00 Wita. Public boat akan berangkat ketika jumlah penumpang mencapai 20 orang. Penyeberangan dari Bangsal menggunakan perahu sekitar 30-45 ke Gili Trawangan, 20-25 menit ke Meno, dan 15-20 menit ke Gili Air.
  2. Private speedboat dari Teluk Nare, Lombok utara. Penyeberangan menggunakan speed menjadi salah satu alternatif yang direkomendasikan. Jadwal speedboat setiap hari dari jam 06.00 pagi hingga pukul 18.00 Wita. Jam keberangkatan tergantung pemesanan. Lama perjalanan menggunakan speedboat ke Gili Trawangan sekitar 10 menit, 7 menit ke Gili Meno, dan sekitar 5 menit ke Gili Air.
  3. Fast boat dari Bali. Fast boat merupakan transportasi yang populer menuju ke pulau Gili Trawangan, Meno, dan Gili Air. Penyeberangan menggunakan fast boat dari Bali bisa di tempuh dalam waktu 1 1/2 jam hingga 2 1/2 jam. Anda bisa memilih untuk berangkat dari Padang Bai, Sanur, dan Serangan. Lihat Selengkapnya di halaman fast boat dari Bali ke Gili dan Lombok.

Selamat datang di Gili dan selamat berlibur, semoga menyenangkan.

Kepulauan Gili, Lombok Utara

Leave a Reply

Your email address will not be published.